Daihatsu memberi sinyal mengenai peluncuran Xenia generasi terbaru yang kabarnya akan dilakukan dalam waktu dekat bersamaan kembarannya, Toyota Avanza. Hal tersebut disampaikan Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra saat menanggapi ragam pertanyaan dari pewarta mengenai informasi tersebut.
“Saya sampaikan apresiasi luar biasa [soal pemberitaan Avanza dan Xenia]. Tapi kapan akan di-launching, sebenarnya pada waktunya akan kami kasih tau,” kata Amelia saat ditemui di Karawang, Jawa Barat, Selasa (5/10).

Rumor soal si kembar akan mengaspal sudah berembus kencang dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini juga didukung bocoran di dokumen pemerintah dalam data NJKB mobil Toyota dan Daihatsu.

Dari dokumen itu terlampir mengenai kode tipe mobil Toyota dan Daihatsu yang diduga Avanza dan Xenia baru.

Dari sana terlihat si kembar akan menerima banyak ubahan seperti terdapat pilihan transmisi otomatis model CVT dan paket fitur keselamatan TSS (Toyota Safety Sense) untuk Avanza dan A.S.A.(Advanced Safety Assist) bakal Xenia.

Kabar lain di luar dokumen tersebut, kedua produk menggunakan platform baru yaitu Daihatsu New Global Architecture (DNGA) dan berpenggerak depan.

“Jadi banyak gambar-gambar beredar juga, tapi aslinya seperti apa ya pada waktunya nanti dikasih lihat,” ucap Amelia.

 

Lebih lanjut, Amelia enggan berkomentar lebih jauh terkait kemungkinan Xenia baru dirilis November atau bertepatan dalam perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Daihatsu terindikasi tidak akan meluncurkan di acara itu, jadi bisa jadi lebih cepat atau malah setelahnya.

“Ya untuk produk di GIIAS, [produk] yang standar-standar saja,” ucapnya.

Telah jadi pemahaman umum bahwa Daihatsu dan Toyota meluncurkan produk kembar seperti Xenia-Avanza, Rocky-Raize, Ayla-Agya, dalam hari yang sama namun beda jam. Indikasi Xenia baru bukan meluncur di GIIAS diperkirakan juga berlaku untuk Avanza.

Sebelumnya tenaga penjual pada dealer Toyota dan Daihatsu mengatakan Avanza serta Xenia akan rilis antara November dan Desember. Dua mobil itu saat ini statusnya sudah bisa dipesan.

Sumber : cnnindonesia